Cara Gampang Melatih Otak Kanan, Kiri, dan Tengah

Apasih Fungsi Otak ?
Otak berfungsi untuk mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.
Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. dengan itu sangat pentingnya untuk melatih otak kita agar sikaf dan perilaku agar lebih baik, otak yang akan di lati yaitu otak kanan, kiri dan tengah


Apasih Itu Otak Kanan, Kiri, dan Tengah, dan cara melatihnya gimana ?

Otak kanan 
Otak kanan berkenaan dengan  kreativitas dan spontanitas oleh karenanya otak kanan bertanggung jawab dalam emosi, daya intuisi, daya kreasi, kesenian, kemampuan refleksi, daya ingat, kepribadian dan lain sebagainya, Yaitu bertanggung jawab terhadap emosi (EQ). Seseorang dengan kecenderungan otak kanan yang lebih dominan cenderung dapat lebih berperasaan serta kurang kemampuan manajerial.
Dengan demikian cara untuk melatih otak kanan dengan melakuin aktivitas yang berhubungan dengan Seni.

Contohnya : Maen musik, Gambar/Melukis , Buat Puisi, atau kegiatan" Abstrak kaya sandiwara atau opera dan masi banyak lagi.

Misalnya jika kita mengunakan otak kanan : 
Kata : Kenikmatanmu Membakar Paru"ku 
kata tersebut jika kita berbikir abstrak kita tau maksudnya itu si roko, tapi kalo secara realistis bendanya kita ga tau apaan, tapi yang pasti benda itu bener" ngebakar paru" 

Otak Kiri
Otak kiri berkenaan dengan logika oleh karenanya fungsi otak kiri adalah untuk berpikir nalar, analisa, kemampuan berbahasa dan kemampuan menghitung, oleh karenanya banyak pertimbangan. Dapat dikatakan juga bertanggung jawab terhadap IQ seseorang. Seseorang dengan kecenderungan otak kiri yang lebih dominan lebih egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri hati, sombong dlsbnya. Otak kiri didapat dari pendidikan non formal seperti aktif di organisasi atau les musik atau melukis cara melatihnya adalah belajar dengan melihat (serta membaca), mendengar, berlatih berkomunikasi dengan orang lain hingga diperoleh suatu kepekaan thp sekitarnya dan harus mengamalkannya. Dengan itu caranya melatih otak kiri dengan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan logika dan mikir realistis bukan abstrak,, 

Contohnya : mengerjakan soal matematika,, fisika,, maen catur,, ngerjain soal logika,, belajar jalan berpikir orang dengan ngedengerin omongannya,, pokonya kegiatan yang mikir realistis lah,, misalnya kegiatan yang buat kita mikir cepet,, 

Misalnya jika kita mengunakan otak kiri : 
Kata : Jika kendaraan roda 2 tidak boleh lewat jalan tol, berarti becak boleh kan ??  jawab : boleh 
Contoh diatas, walaupun kenyataannya beca ga boleh masuk tol, tapi dengan logika itu sebenernya boleh.

Mana yg lebih didahulukan otak kanan atau otak kiri? 
Seperti yang didebut di atas, otak kanan berhubungan dengan kreativitas dan spontanitas. Sedangkan otak kiri adalah otak yang suka menganalisis dan banyak pertimbangan.
Jadi ketika kita memulai aktifitas seperti menulis atau membuat laporan biarkan otak kanan dulu yang bekerja. Jangan menggunakan aturan ini itu, musti gini musti gitu. Tak perlu memperhatikan tata bahasa dan aturannya. Yang penting tulis dulu sampai selesai. Setelah itu istirahatkan otak kanan dan barulah giliran otak kiri yang bekerja. 

Otak Tengah
Jika otak tengah dapat di fungsikan dengan baik maka akan banyak sekali manfaatnya, karna otak tengah adalah gabungan fungsi dari otak kanan dan otak kiri yang dapat berjalan secara seimbang. Otak kiri tidak lagi menekan otak kanan. Kemampuan prediksi, daya ingat, kesenian dan kemampuan refleks tidak hanya menjadi berkembang, tetapi kemampuan manajerial dan pemahaman mereka juga dapat terpelihara. Orang yg mengunakan otak tengahnya akan lebih memiliki raya ingat tinggi, dapat berfikir lebih jernih, lebih tenang, tidak cepat marah, tidak mustahil dapat membaca buku tanpa melihat,  rasa cinta kasih, lebih mencintai orang tua sendiri, termasuk orang yang lebih tua, memiliki kecerdasan dan kerukunan. Dapat dikatakan juga bertanggung jawab terhadap SQ seseorang 

Aktivasi otak tengah dilakukan dengan menimbulkan gelombang Alpha di otak. Aktifitas gelombang Alpha tersebut akan muncul pada saat meditasi, meditasi dalam suasana yang sangat tenang, keadaan gelap dengan diiringi irama musik yg slowly atau suara2 alam seperti hutan dipagi hari, suara air mengalir, tetapi diantara berbagai macam meditasi, meditasi terbaik yang beragama islam adalah shalat (terutama shalat malam)

Sekian dari saya semoga bermanfaat dan apabilah ada tambahan dari anda silahkan berkomentar di bawah

0 Response to "Cara Gampang Melatih Otak Kanan, Kiri, dan Tengah "

Post a Comment